Jumat, 10 Agustus 2012

Berita Mudik

BERITA MUDIK 

PATUHI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS






Masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran , khususnya bagi pengendara sepeda motor, diminta agar mematuhi peraturan lalu lintas selama dalam perjalananan.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suroyo Alimoeso mengemukakan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, pengguna sepeda motor diharapkan tidak mengendarai motornya secara “zigzag” selama di jalan raya 

"Kecelakaan hingga saat ini sebanyak 70% didominasi oleh pengguna sepeda motor, untuk itu agar lebih berhati-hati dan waspada," 

Suroyo juga mengemukakan, untuk mengurai kepadatan lalu lintas di masa mudik lebaran mendatang, masyarakat diharapkan juga bisa memulai tradisi pulang kampung itu lebih awal atau jauh-jauh hari. Diperkirakan puncak kepadatan lalu lintas akan terjadi pada Kamis, 16 Agustus dan Jumat sore, 17 Agustus sehingga bisa diantisipasi kepadatannya dengan mudik lebih awal.

Tak hanya itu saja, Suroyo juga berharap adanya penelitian yang lebih dalam untuk mengetahui jumlah kecelakaan mudik dan berkoordinasi dengan Korlantas. "Karena kemungkinan jumlah kecelakaan yang terjadi tidak hanya pemudik saja namun ada juga kecelakaan lokal yang terjadi di daerah-daerah," imbuhnya.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Diding S Anwar mengemukakan, bersamaan dengan masa mudik lebaran mendatang, pihaknya akan menyiapkan seluruh jajaran untuk siap siaga apabila kemungkinan terjadi kecelakaan terutama lalu lintas jalan.

"Kami juga ikut berpartisipasi dalam PAM lebaran yang dilakukan Kementerian Perhubungan dengan menempatkan petugas Jasa Raharja," kata Diding.

Bagi korban kecelakaan, Diding mengatakan Jasa Raharja melaksanakan pelayanan terpadu bekerja sama dengan Kepolisian dan rumah sakit dalam menangani korban kecelakaan, di 196 rumah sakit.

Untuk mengurangi potensi kecelakaan di jalan, menurut Diding, Jasa Raharja juga kembali melaksanakan mudik gratis bagi masyarakat pengguna sepeda motor dengan 210 bus untuk 38 tujuan  yang diberangkatkan 13 Agustus 2012 dari Parkir Timur Senayan, Jakarta dan 30 bus dari Surabaya, Jawa Timur untuk 12 tujuan


BERITA MUDIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar